TUGAS SIM

TUGAS MAKALAH

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DI  PERPUSTAKAAN DAERAH

KALIMANTAN SELATAN

NAMA KELOMPOK 2 :

AYU SRI LESTARI

HJ.LAILIYAH

INAYATUL HUDA

NISA ASHLIHATI

RISYA NOVIYANTI SAPUTRI

 

FAKULTAS EKONOMI

UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

TAHUN AJARAN 2012

BANJARMASIN

PENDAHULUAN

            Penggunaan teknologi informasi di perpustakaan bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pekerjaan dan kualitas pelayanan pada pengguna (right information,right user dan right now). Cakupan bahasan dalam makalah ini diantaranya mengenai pengertian perpustakaan dan teknologi informasi, perubahan paradigma perpustakaan, fungsi penerapan teknologi informasi di perpustakaan, evaluasi kebutuhan teknologi informasi perpustakaan, kompetensi perpustakan dan pustakawan dalam penerapan teknologi informasi, dan aplikasi sistem informasi perpustakaan berbasis teknologi informasi.

PROFIL BAPUSTARDA

            Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Propinsi Kalimantan Selatan berawal dari berdirinya Perpustakaan Negara Departemen P dan K Banjarmasin pada tahun 1959, didasarkan pada SK Menteri P dan K No. 29103/S tanggal 23 Mei 1956. Seiring dengan berlakunya otonomi daerah, di mana berbagai urusan diserahkan kepada daerah, Perpustakaan Nasional Propinsi Kalimantan Selatan juga ikut menjadi bagian perangkat daerah. Dengan diterbitkannya Peraturan Daerah (Perda) No. 23 Tahun 2001 tanggal 8 Nopember 2001 tentang Pembentukan Susunan Organisasi dan Tata Kerja Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Propinsi Kalimantan Selatan, maka Perpustakaan Nasional Propinsi Kalimantan Selatan berubah menjadi Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Propinsi Kalimantan Selatan.

Prioritas utama dari BAPUSTARDA adalah memberikan kemudahan akses informasi, ilmu pengetahuan teknologi dan kebudayaan serta arsip daerah kepada masyarakat melalui pengembangan dan pendayagunaan semua jenis perpustakaan dan arsip daerah melalui sistem manual Perpustakaan dan ke sistem manual pengolahan kearsipan yang berkesinambungan dalam rangka pelestarian hasil budaya bangsa berupa karta cetak dan karya rekam serta khasanah arsip daerah menuju terciptanya masyarakat informasi yang senang membaca, gemar belajar, sadar informasi dan peduli terhadap arsip daerah.

            Tugas pokok dari BAPUSTARDA adalah Membantu Kepala Daerah dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah di bidang Pengembangan Pelestarian Perpustakaan dan Arsip Daerah.Fungsi dari BAPUSTARDA sendiri antara lain adalah :

  1. Pelayanan penunjang penyelenggaraan pemerintah propinsi di bidang perpustakaan dan kearsipan.
  2. Pengelolaan karya cetak dan karya rekam sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  3. Pelestarian bahan pustaka dan arsip daerah dan Pengolahan dan akuisisi arsip.
  4. Pengadaan dan pengolahan bahan pustaka.
  5. Pembinaan dan pemberdayaan lembaga perpustakaan dan kearsipan maupun fasilitas penyelenggaraan perpustakaan dan kearsipan pemerintah kabupaten kota.
  6. Penyelenggaraan kegiatan ketatausahaan.

PEMBAHASAN

1.PERPUSTAKAAN DAN TEKHNOLOGI INFORMASI

a.Perpustakaan

                 Perkembangan perpustakaan pada era masyarakat informasi dewasa ini telah dimanfaatkan sebagai salah satu pusat informasi, sumber ilmu pengetahuan, penelitian, rekreasi dan pelestarian khasanah ilmu pengetahuan.Peran perpustakaan telah berkembang menjadi pusat komunitas, artinya masyarakat dapat berkumpul di perpustakaan dalam rangka pengembangan pengetahuan dan budaya melalui berbagai aktifitas keilmuan dan sosial.

                  Prinsipnya perpustakan memiliki tiga kegiatan pokok yaitu, mengumpulkan semua informasi yang berkaitan dengan kebutuhan pengguna (to collect),melestarikan, memelihara dan merawat seluruh koleksi perpustakaan (to preserve), dan menyediakan bahan perpustakaan agar dapat dimanfaatkan dengan baik oleh pengguna (to make available).

                 Saat ini masyarakat pengguna perpustakaan menghendaki perpustakaan menjadi right information, right user dan right now. Artinya perpustakaan dituntut untuk memberikan layanan informasi yang tepat, pada pengguna yang tepat dan waktu yang cepat. Hal ini dapat terlaksana dengan baik apabila perpustakaan dapat menghadirkan dan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dalam pengelolaan perpustakaan.

b. Tekhnologi Informasi

                 Teknologi Informasi (TI) dilihat dari kata penyusunnya adalah teknologi dan informasi.Secara mudahnya TI adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari pengirim ke penerima sehingga pengiriman informasi akan lebih cepat, lebih luas sebarannya, dan lebih lama penyimpanannya. Pengertian lain dari TI adalah pemanfaatan hardware dan software yang digunakan untuk penyimpanan (store),penemuan kembali (retrieve), dan memanfaatkan (use) informasi.

2.TEKHNOLOGI INFORMASI BAPUSTARDA

A.Penerapan Tekhnologi BAPUSTARDA

        Penerapan TI di BAPUSTARDA bersamaan dengan perkembangan budaya manusia yang ada di lingkungan perpustakaan. Perkembangan tersebut dapat dilihat dari tahapan evolusi format dokumen yang menjadi koleksi perpustakaan, antara lain dimulai dari bahan cetak (paper material), microfilm, CDROM/DVD, Komputer, Internet, Wireless, sampai format web. Perkembangan ini menjadikan “Great Technology Great Library”.

                        Penerapan TI di BAPUSTARDA dapat difungsikan dalam berbagai bentuk, antara lain:

a. Sebagai Sistem Manajemen Perpustakaan Bidang pekerjaan yang dapat diintegrasikan dengan sistem manajemen perpustakaan adalah pengadaan, inventarisasi, katalogisasi, sirkulasi, keanggotaan, statistik dan lain  sebagainya. Fungsi ini sering diistilahkan sebagai bentuk Automasi Perpustakaan.

b. Sebagai sarana untuk menyimpan, mendapatkan, dan menyebarluaskan informasi ilmu pengetahuan dalam format digital. Bentuk penerapan TI ini sering dikenal dengan Perpustakaan digital (digital library).

            Faktor pendukung pemanfaatan TI di BAPUSTARDA karena adanya kemudahan dalam mendaptkan produk TI dengan harga yang terjangkau dan karena adanya tuntutan layanan masyarakat yang sangan membutuhkan informasi yang cepat tentang perpustakaan.

            Keuntungan yang didapatkan dari penerapan TI di BAPUSTARDA adalah mempermudah dalam pendistribusian informasi dan mengefesiensikan pekerjaan dan pengolahan data,dapat memberikan layanan yang cepat dan baik pada masyarakat dan mengembangkan citra perpustakaan.

            Di samping itu ada juga kelemahan yang membuat kegagalan dalam penerapan TI di BAPUSTARDA,yaitu :

  • Target yang tidak jelas atau tidak tahu cara mencapainya.
  • Team work yang lemah, saling curiga,kurang motivasi.
  • Pemimpin yang tidak punya visi, tidak mampu mengarahkan dan mendorong.
  • SDM yang tidak ditingkatkan kemampuannya,tidak tahu manfaat dari perkerjaannya.
  • Tidak mau belajar, evaluasi, benchmarking baik internal maupun terhadap dunia luar.

B.Kompetensi Perpustakaan dan Pustakawan dalam Penerapan TI

            BAPUSTARDA selaku pusat perpustakaan di Banjarmasin tentunya harus memiliki TI yang mendukung kegiatan mereka secara luas.Oleh karna itu,perpustakaan dan pustakawan yang ada di BAPUSTARDA saat ini dituntut mampu mengikuti perubahan tekhnologi dan sosial penggunanya.Untuk memenuhinya perputakaan dan pustakawan BAPUSTARDA harus memiliki kompetensi.

      Dalam kompetensi perpustakaan,yang perlu diperhatikan adalah infrastruktur TI.Di BAPUSTRADA sendiri mempunyai:Jaringan lokal (Local Area Network),Akses Internet. Minimal memiliki akses internet untuk pustakawan agar mudah mengakses informasi eksternal perpustakaan dan komputer untuk pegawainya.Hal ini agar dapat menigkatkan kualitas pelayanan khususnya di BAPUSTARDA.Bukan hanya perpustakaan saja yang harus memiliki kompetensi tetapi pustakawan juga.Seorang pustakawan di BAPUSTARDA mempunyai skill dalam pencarian informasi agar dapat melayani kebutuhan akan informasi pemakai.Seorang pustakawan juga harus mempunyai skill dalam melakukan penelusuran. Yaitu: mempunyai skill dasar penelusuran informasi, kemampuan navigasi sistem dan sumberdaya elektronis, dan pengetahuan dasar tentang beragam sumber informasi yang tidak tersedia bentuk elektronis seperti bentuk cetak, orang (people and colleagues), dan lain-lain.

C.Aplikasi yang Digunakan Bapustarda

            Untuk memudahkan dalam sistem pelayanan,BAPUSTRA menggunaka beberapa aplikasi komputer,yaitu :

  • ADMINISTRATOR PERPUSTAKAAN

1.      Staf admin(Menambah dan menentukan otorisasi staf perpustakaan Password staf perpustakaan Edit staf perpustakaan Menghapus staf perpustakaan setting perpustakaan secara custom Menentukan Lama Peminjaman.

2.      Menetukan Koneksi Database perpustakaan

3.       Backup Database perpustakaan

4.      Buka Database perpustakaan Level Akses

5.      User Login software perpustakaan

  • KATALOGISASI PERPUSTAKAAN

Data Buku (Form untuk menyimpan atau penelusuran koleksi buku di perpustakaan anda :

1.      Entri Data Buku

2.      Hapus Data Buku

3.      Edit Data Buku

Data Peminjam/Anggota Perpustakaan (input data anggota atau peminjam di perpustakaan) terdiri atas : Entry Data Peminjam,Hapus Data Peminjam,Edit Data Peminjam

  • PENCARIAN PERPUSTAKAAN

1.Pencarian Buku Penelusuran / Pencarian buku berdasarkan kode, judul buku

2.Pencarian Anggota Perpustakaan : Penelusuran / Pencarian Anggota Berdasarkan Kode anggota,nama, dan alamat anggota perpustakaan

  • TRANSAKSI PERPUSTAKAAN

1.Transaksi Peminjaman Buku :  Melakukan Transaksi Peminjaman buku dengan cara yang mudah dan gampang untuk diguanakan, dan didesain seefisian mungkin untuk mengatisipasi apabila terjadi antrian yang panjang

2.Transaksi Pengembalian Buku : Transaksi Pengembalian Buku Perpustakaan dilakukan dengan pengembalian semua atau sebahagian.

  • KETERLAMBATAN/DENDA

1.Software perpustakaan ini dilengkapi dengan fitur untuk mengetahui keterlambatan pengembalian buku. Jika peminjam buku perpustakaan telat mengembalikan ,maka software perpustakaan ini akan secara otomatis menjumlah denda yang telah di set pada masing2 buku, ingat masing2 buku mempunyai harga denda yang berbeda – beda, sedangkan untuk dendanya adalah jumlah terlambat(hari) x Denda Pada Buku Tersebut.

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s