Sepatu Cinderella = Bukan Sepatu Kaca

https://ecca07.files.wordpress.com/2012/01/kisah2bcerita2bcinderella252c2bkisah2bcinderella252c2bcerita2bcinderella252c2bcinderella.jpg?w=300https://ecca07.files.wordpress.com/2012/01/cinderellajawah-e-r-u-blogspot-com.jpg?w=300https://i0.wp.com/dniell.com/wp-content/uploads/2011/07/cinderella.jpg

Cinderella, Siapa yang tidak kenal dongeng yang melegenda diseluruh dunia ini, kisah dimana seorang gadis yatim piatu yang bisa menikah dengan seorang pangeran, namun siapakah yang pertama kali penulis yang mempublikasikan Cinderella?

Adalah Charles Perrault, yg menulis versi modern kisah tersebut pada abad ke 17 salah mendengar kata Vair (bulu bajing) dalam dongeng abad pertengahan yg dipinjam dan diperbaharuinya dengan kata verre (kaca) yg kedengerannya mirip.

Cinderella adalah sebuah kisah yang universal, ada sebuah versi asal Cina yg berasal dari abad kesembilan dan 340 versi lainnya sebelum yg dibuat oleh Perrault, Tak satu pun selop tersebut dibuat dari benang emas dengan sol emas padat. Dalam versi Skotlandia-rashie Coast – selop tersebut terbuat dari rumpun gelagah.

Dalam dongeng Prancis abad pertengahan, yg diadaptasi oleh Perrault, sepatu Cinderella digambarkan sebagai pantoufles de vair – selop dari bulu bajing.

Selain memoles kisah Cinderella, menambahkan tikus2, buah labu dan ibu peri. Perrault juga mengurangi kesadisan dalam cerita itu. Dalam buku asli abad pertengahan tersebuat, saudara2 perempuan yg buruk rupa memotong jari mereka untuk mencoba selop tersebut, dan setelah sang pangeran menikahi cinderella, sang raja membalas dendam kepada mereka dan ibu tiri yg kejam dengan memaksa mereka berdansa sampai mati dengan menggunakan sepatu bot besi yg panas, namun sumber lain menyebutkan ibu tiri Cinderella itu dibuat buta matanya dengan burung yang diutus Pangeran untuk mematuki matanya.  Namun tidak diketahui pasti apakah dongeng ini bnar-benar nyata atau bukan.

Syukurlah cerita sadis ini tidak begitu diketahui publik, dan pihak Disney mengubah alur cerita nya menjadi lebih baik, karena setiap anak kadang kala ada yang bermimpi jadi Cinderella, jika mengetahui kisah Cinderella yang sebenarnya, kisah ini akan seperti mimpi buruk saja.

Biarlah kisah Cinderella yang ada saat ini adalah seorang anak yatim piatu yang menikah dengan seorang pangeran, mengenakan sepatu kaca dan hidup bahagia. ^,^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s