Sejarah Asal-Usul Barbie

Saat liburan tiba, berbagai film-film menarik pasti disuguhkan oleh stasiun-stasiun televisi untuk menemani waktu liburan kita. film barbie menjadi salah satunya. Apakah kalian pernah menontonnya? Pasti pernah dong, bahkan sampai hafal jalan ceritanya, saking seringnya diputar di televisi.

Coba sebutkan judul-judul film barbie yang pernah kalian tonton? Wah, pasti banyak sekali ya, di antaranya, ada Barbie in the Nutcracker, Barbie as Rapunzel, Barbie Mariposa, Barbie Fairytopia: Magic of the Rainbow, dan Barbie and the Magic of Pegasus.

Tidak hanya film dan bentuk bonekanya saja yang menarik. Tapi, sejarah terciptanya boneka barbie juga tak kalah menarik untuk kalian ketahui, lho. Apakah kalian pernah bertanya dari mana asal muasalnya boneka barbie? Hmm… pasti penasaran, kan? Hihi

Adalah seorang Ibu bernama Ruth Handler yang telah menciptakan boneka yang masih digemari sampai sekarang ini. Bagaimana Ibu Ruth bisa mempunyai ide membuat barbie? Ia terinspirasi oleh putrinya yang suka memainkan boneka kertas. Sang Ibu merasa kasihan setiap kali putrinya yang bernama Barbara Handler ini, selalu bersedih ketika boneka kertasnya robek.

Oleh karena itu sahabat Orbit, Ibu Ruth ingin menciptakan mainan baru agar permainan boneka anaknya bisa bertahan lama. Maka dibuatlah sebuah boneka perempuan cantik dengan rambut pirang, bermata biru, kaki dan lengannya panjang sehingga tampak ramping dan sempurna.

Sejak saat itu, boneka barbie mulai diproduksi dan diluncurkan pertama kali pada tahun 1959 oleh perusahaan boneka milik keluarga ini sendiri, perusahaan Mattel Inc di Amerika Serikat. Bayangkan saja, ketika boneka ini diluncurkan, boneka cantik ini langsung meledak di pasaran.

Hampir semua anak perempuan di dunia menyukai boneka cantik ini. Kemudian boneka barbie ini pun diproduksi lebih banyak dan dimpor ke seluruh dunia bahkan sampai ke nagara-negara Timur Tengah. Ya, boneka barbie adalah boneka pertama yang saat itu langsung terjual ke 150 negara. Perusahaan ini mengatakan, pada waktu itu, ada 3 boneka barbie yang terjual setiap detik di seluruh dunia.

Boneka barbie pertama kali mengenakan pakaian renang berstrip zebra hitam-putih dengan rambut kuncir ekor kuda. Dalam pemunculan perdananya, barbie muncul dalam 2 versi, yaitu barbie berambut pirang dan berambut coklat.

O ya, nama barbie sendiri diambil dari nama anak perempuan keluarga Handler, yaitu Barbara Millicent Robert yang biasa dipanggil barbie oleh keluarganya. Keren!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s